Jenis-jenis Wanita yang Tidak Layak Dinikah

Saat admin membuka-buka beberapa konten yang disimpan dari postingan di instagram, ada banyak quote yang cukup bagus untuk direposkan di blog ini. Karena keterbatasan data pada quote tersebut, mesti ada sumber tambahan. Quote pertama yang mau ditampilkan kali ini adalah tentang tipe-tipe wanita yang tidak layak dijadikan istri. Apa aja itu? Langsung cekidot.

Photo by Idina Risk on Pexels.com

Mahmoud Taha menulis:

 Orang-orang Arab biasa memperingatkan anak-anak mereka agar tidak menikahi enam jenis wanita. Musonnif telah menukil dalam beberapa komentarnya mengutip dari Al-Mawardi dan Al-Ghazali, bahwa keduanya mengatakan: “Dibenci menikahi hanaanah, manaanah, anaanah, hadaaqah, baraaqah, dan syadaaqah.”

Namun dalam sumber tersebut tidak disebutkan di kitab apa Mahmud Toha menulis.

🌹🌷🌺🌸 ____🌹🌷🌺🌸 ____🌹🌷🌺🌸____🌹🌷🌺🌸

Melalui beberapa paragraf berikut, kami menjelaskan makna karakteristik wanita-wanita ini:

Hananah (الحنانة)

 Yaitu istri yang menikah sebelum dan memiliki seorang putra, dan dia selalu mendambakan putranya.

Mananah (المنانة)

 Yaitu yang berangan-angan terhadap suami dengan apa yang dia lakukan, artinya jika dia melakukan sesuatu untuk suaminya, dia berbangga dengannya dan merendahkan suam.

Anaanah/Egois (الأنانة)

 Yaitu wanita yang tidak puas dengan kondisinya, dia banyak merengek dan mengeluh. Dia tidak menyukai tinggal di rumah, berambisi dengan segala sesuatu agar bisa menjadi miliknya, tidak menyenangi sesuatu kecuali dirinya sendiri. Ini adalah salah satu masalah yang mengganggu kehidupan pernikahan.

Hadaqah (الحداقة)

 Yaitu wanita yang melihat segala sesuatu dengan apa yang orang lain miliki dan dia bernafsu dengan penglihatannya, dan kadang-kadang dia berharap hilangnya nikmat dari orang lain, dan dia adalah salah satu wanita yang menanggung banyak beban suaminya untuk memuaskannya.

Baraqah (البراقة)

 Yaitu wanita yang kesibukan sebagian besar waktunya untuk mengilaukan wajahnya, merawat dirinya sendiri, dan mengabaikan suaminya.

Syadaqah (الشداقة)

 Yaitu seorang wanita dengan banyak ngobrol berurusan dengan topik yang tidak penting baginya dan menyelidiki gejala dan kondisi orang, serta mengungkapkan rahasia rumahnya. Dalam artikel lain disebut Namaamah.

Ide dari: masrawy.com

Di samping 6 tipe di atas, ada lagi tipe lain yang belum disebutkan, antara lain:

‘Ashobiyah (Latah/Gugup)

Wanita tipe ini adalah tipe paling buruk. Karena wanita ini cepat marah besar kepada suaminya. Karena kenyataan bahwa hatinya mungkin telah hancur beberapa kali, dan kamu akan selalu menemukan dia berbicara tentang pria dengan cara yang buruk dan tidak menyenangkan.

Madiyah

Dalam bahasa kita, wanita ini terkenal dengan wanita matere, dan ini paling banyak pada zaman ini. Pada kenyataannya, semua wanita suka materi, namun wanite tipe ini lebih mengutamakan memburu materi daripada mencintaimu. Sehingga engkau mesti waspada di hadapannya.

Lu’ub (Penggoda)

Dia berpindah dari satu laki-laki ke laki-laki yang lain, senantiasa menggodanya. Sehingga para lelaki merasa baper dengan sikapnya.

Ghoribatul Athwar (Eksentrik/Nyeleneh)

 Ialah wanita yang mengenakan pakaian mencolok dan menerima semua ajakan laki-laki, suka begadang dan keluyuran party, dia adalah tipe wanita yang tidak stabil dan tidak layak untuk dinikah.

Syaqimah wal Mudallalah (Nakal dan Manja)

 Dia adalah orang yang tumbuh, sedangkan segalanya datang kepadanya tanpa usaha dan pengalaman. Wanita tipe ini sulit berkorban dan menikah. Dia selalu meminta pengorbanan. Tetapi apa pun yang Anda lakukan padanya, dia tidak akan puas dengan hasilnya, bahkan tetap menjadi istri yang tidak baik.

Tutholibul Ihtimam (Menuntut Perhatian)

Pada dasarnya ini menjadi sifat umum untuk para wanita. Akan tetapi bila sudah menjadi obsesi, maka ini tidak baik. Seorang suami yang baik pasti memiliki waktu untuk istrinya. Namun ini tidak berlangsung terus-menerus. Sehingga para istri hendaknya memperhatikan masalah ini.

Ghoiru Multazimah (Gak Bisa Komit)

Sebenernya kalau wanita gak mau komit untuk membina ikatan (baca: pacaran), maka ini bagus. Karena komit dalam hubungan yang gak resmi malah justru bisa menyeret kepada hal-hal negatif. Namun repotnya kalau gak mau komit untuk diajak nikahan, maka ini bisa menjadi masalah kalau kamu terus-terusan nungguin dia. Coba tanyakan apa sebabnya kenapa dia gak mau komit diajak nikah? 😁

Ghoiru Muhtarimah (Gak Sopan)

Kesopanan termasuk tabiat yang sangat penting, mesti ada pada setiap wanita. Terutama pada wanita yang engkau jadikan teman hidupmu. Maka timbang masak-masak sebelum mutusin untuk milih doi jadi temen hidupmu.

Tambahan ide: sayidy.net

Ignya dapet dari sini.

Catatan:

Namun bukan berarti beberapa tipe di atas mutlak ditinggalkan. Tipe-tipe di atas hanya menjadi opsi untuk kaum pria memilih para wanita yang ideal sebagai calon istri.

Terkadang beberapa wanita memiliki salah satu kekurangan di atas, maka jika dia ada kemauan keras untuk memperbaiki diri, dan kamu mau bersabar mendidiknya, maka gak masalah untuk memilikinya dengan jalur halal. Yang penting jangan lupa istikharah, meminta pilihan sama Allah yang terbaik.

Tinggalkan komentar