Beranda > Keluarga, Kesehatan > Efek Buruk Gamer

Efek Buruk Gamer

Saat ini game marak di kalangan masyarakat luas baik game online maupun game lan. Game sebenarnya juga ada manfaatnya yaitu untuk refresing dan hoby. Akan tetapi efek buruknya lebih banyak dari pada manfaatnya. Kalau sudah hoby apa boleh dikata apapun akan dilakukan asal mendapat kepuasan dalam bermain. Game ternyata bukan hanya untuk anak-anak bahkan remaja, mahasiswa, juga orang dewasa kadang tergila-gila sama yang namaya game.

EFek geme selain mempengaruhi kesehatan badan ternyata juga merusak secara psikis, atau jiwa seseorang bahkan pikirannya. Terlalu lama ngegame ternyata menebabkan gangguan pada mata, tangan, telingga bahkan pada jantung.  Selain itu juga berpengaruh pada jiwa.

Selain menghabiskan banyak waktu ternyata game juga banyak menghabiskan tenaga dan pikiran,bahkan menghabiskan uang. Bayangkan saja orang yang sudah hoby ngegame bisa seharian nongkrong di depan komputer, sampai lupa makan, lupa tidur dan lupa akan pekerjaannya. Semua jadi terbengkalai, seakan- akan mereka hidup di dalam game punya dunia sendiri. Mereka akan terus mencari cara untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dalam dunia game dan menelantarkan kewajibanya di dunia nyata. dan ini akan menjadi sebuah shok yang amat besat ketika dirinya sadar bahwa ada yang banyak pekerjaan yang belum terselesaikan, sehingga mereka enggan kembali mengurus pekerjaannya namun akan kembali ke dunia gamenya, karena di sana mereka merasa tidak ada beban.

Akibat kejiwaan yang sering ditemukan pada se orang gemer adalah tingkat emosi yang tinggi. Entah emosi saat menang  (senang ) atau saat kalah (marah) tetapi tingkat emosi ini terlalu berlebihan di dawa ke dunia nyata. Ketika ada yang mengganggunya saat bekerja mungkin dia akan sabar menghadapi, tapi ketika ada yang mengganggunya saat dia nge-game, pasti tingkat kesabarannya akan menurun. Sehingga tidak ada lagi kompromi saat dia ngegame. Selain itu juga dia akan meniliki tingkat imaginasi yang terlalu tinggi, imaginasi mungkin bagus tapi apabila berlebih maka akan berakibat fatal. Ketika dia dihadapkan dengan suatu masalah maka dia akan menghadapi masalah dengan imaginasinya, bukan akan menjadi selesai, tapi akan menjadi masalah besar.

Penulis

zhiyamandha

Sumber

http://zhiyamandha.wordpress.com/2010/12/27/efek-geme/

Kategori:Keluarga, Kesehatan Tag:,
  1. 29 Desember 2010 pukul 05:52

    argumen penulis sangat dibenarkan. saya juga gamer ( dah tobat ), dan memang terjadi seperti itu..

    trima kasih dah dishare..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: