Adab-adab Membaca

1. Ikhlash mengharapkan keridlaan Allah semata, dalam rangka menjalankan perintah Allah Ta’ala utk menuntut ilmu.
2. Memilih buku yang paling bermanfaat dan banyak faidahnya.
3. Melihat daftar isi dan isi buku secara global.
4. Membaca buku dengan penuh perhatian dan tadabbur.
5. Mencatat faidah-faidah ilmu di buku kecil atau di depan buku.
6. Mengulang bacaan sampai kita faham.
7. Jangan melipat kertas utk memberi tanda.
8. Bila telah mulai bosan, kita coba ganti dengan buku lain yang memberi semangat seperti buku tentang kisah-kisah ulama dan lain sebagainya.

Tambahan Faedah

Pertanyaan

Bagian ke-7 knp tidak boleh Pak Ust?

Jawab

Itu dianggap tidak adab oleh Ibnu Jama’ah -rahimahullah-, karena mempercepat kerusakan dan mengganggu kerapihan

Pertanyaan

Mungkin bagian dari menyayangi buku ya tadz?
Iya, knp ya tadz?
Ana termasuk org yg ga suka melipat buku. Dan merasa bahwa buku itu sudah rusak bila terlipat :$
Ibnu Jamaah itu siapa stadz?
Sampai segitunya ya perhatian ulama dalam memuliakan ilmu..

Jawab

Ibnu jamaah itu ulama abad 7 an hijriyah. Itulah akh perhatian para ulama thd ilmu. Luarrr biasa

Pertanyaan

Ana juga kalo minjemin buku selalu bilang jangan melipat kertas…ana beri pembatas buku jika tidak ada talinya
Alasan ana sih sayang aja buku aw kitab bagus2 kok dilipet….baru tahu stadz dg alasan ibnu jamaah :)
Stadz, jika sedang membaca 1 masalah dengan 2 kitab yg berbeda, misal sedang membaca tata cara shalat kitab sy albani dan sy utsaimin…..apakah selesaikan per buku atau setiap bab gantian dibacanya ? ‎​شُكْرًاجَزِيلاً tadz…adzan ashar

Jawab

Ahsannya kita selesaikan dulu perbuku, atau kita atur jadwalnya..

 

Sumber

http://gensalaf.wordpress.com/

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: