Beranda > FAIDAH ILMIYYAH, MANHAJ > 10 Tips menenggelamkan bid’ah

10 Tips menenggelamkan bid’ah

Tips ini insyAllah bermanfaat buat saudaraku yang mencintai sunnah Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dan mempertahankan sunnah beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam, dari gempuran orang-orang ahlul bid’ah dan ahlul ahwa’ yang berada dilingkungan kita.

  1. Jangan perna meremehkan sunnah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, karena dengan meremehkannya, engkau mendukung para gerombolan ahlul bid’ah untuk menginjak-injak sunnah (Islam) yang mulia.
  2. Mulailah dengan mengerjakan sunnah-sunnah yang paling gampang dikerjakan, misal : Memelihara jenggot, menaikkan kain di atas mata kaki, memberi salam kepada saudaramu jika bertemu atau berjabat tangan jika bertemu di dalam masjid, dan jaga sholat berjama’ah di masjid jika engkau seorang mukmin (laki-laki).
  3. Biasakan untuk diam (berhenti untuk berbuat) dalam perkara ibadah, jika mengetahui perkara itu samar atau tidak diketahui sandarannya. Maka bertanyalah kepada orang yang paham (jangan bertanya kepada ahlul bid’ah).
  4. Sisihkan rizki yang dikaruniakan Allah ta’ala kepadamu dengan berlangganan majalah Islami yang memiliki manhaj yang lurus, dan membeli buku-buku yang bermanfaat seperti Tuntunan Wudhu, Sholat, Doa dan Dzikir yang sesuai dengan al-Qur’an dan Sunnah.
  5. Ketika engkau dapati orang berbuat kemungkaran dalam beribadah, maka menyingkirlah dari mereka, itu sudah sangat cukup untuk tidak mengotori agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam.
  6. Perdalam bahasa Arab, sungguh bahasa yang mulia ini akan menampakkan siapa anda dan itu termasuk perbuatan terpuji, karena Allah ta’ala memuliakan bahasa tersebut.  Dan para ahlul ahwa’ sangat membeci orang yang mengerti bahasa Arab.
  7. Jika berdebat dengan ahlul bid’ah atau ahlul ahwa’ sampaikan kalimatmu seringkas mungkin, dan jika dikwatirkan agamamu terkena fitnah karena kepintaran mereka dalam berdebat, tinggalkan mereka.  Itu sudah cukup untuk membendung fitnah agamamu.
  8. Bergaulah dengan orang-orang yang alim dan wara’, karena “tidaklah engkau duduk dengan seorang penjual parfum engkau akan dapati 2 keuntungan, engkau mendapati parfumnya atau mendapatkan wanginya, sebaliknya jika dekat dengan pandai besi, engkau dapati percikan api atau bau asap”.
  9. Cintai Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam dengan menghidupkan sunnah para shahabat dan jauhi sesuatu yang dibenci oleh mereka radhiyAllahu ‘anhum. Sudah sangat cukup mencabut subhat di dalam diri kita.
  10. Zuhudlah engkau, karena tiada yang dapat menandingi keutamaan orang-orang terdahulu (salafus shalih) dikarenakan kezuhudan mereka, dan ahlul bid’ah membenci sifat ini.

Semoga Allah ta’ala memberikan kemudahan kepada kita untuk istiqomah menjalankan sunnah.

__._,_.___

Ilmu merupakan harta abstrak titipan Allah Subhanahu wata’ala kepada seluruh manusia yang akan bertambah bila terus diamalkan, salah satu pengamalannya adalah dengan membagi-bagikan ilmu itu kepada yang membutuhkan.
Janganlah sombong dengan ilmu yang sedikit, karena jika Allah Subhanahu wata’ala berkehendak ilmu itu akan sirna dalam sekejap, beritahulah orang yang tidak tahu, tunjukilah orang yang minta petunjuk, amalkanlah ilmu itu sebatas yang engkau mampu.

http://abuzahrakusnanto.wordpress.com/

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: